Selasa, 14 April 2009

Anthony Fokker

Anthony Fokker


Pada hari Senin pagi tanggal 6 April 2009 telah terjadi kecelakaan pesawat terbang milik TNI Angkaan Udara di Lapang Terbang Husein Sastranegara di Bandung, dan menewaskan seluruh penumpangnya sebanyak 24 orang. Pesawat yang naas itu pesawat jenis Fokker 27 yang dibuat di Belanda tahun 1976. Pesawat-pesawat Fokker itu termasuk pesawat-pesawat yang tangguh dan hasil produksi pabrik-pabrik Fokker yang ada di Amerika maupun yang di Negeri Belanda sebagai negeri asalnya. Akan tetapi setangguh apapun suatu pesawat, bila Tuhan menghendaki lain, kita tidak bisa berbuat apa-apa selain berdo'a semoga segala yang dikehendaki Tuhan itu dapat menjadikan hikmah bagi kita.

Lepas dari kecelakaan itu saya ingin mengemukakan sedikit sejarah berdirinya pabrik-pabrik pesawat Fokker itu. Pendirinya itu adalah Anthony Herman Gerard Fokker.


Anthony Herman Gerard Fokker adalah pendiri pabrik Fokker. Ia dilahirkan tahun 1890 di Kediri Jawa Timur. Ayahnya adalah pemilik suatu perkebunan kopi. Pada usia 4 tahun keluarga ini kembali ke Negeri Belanda dan tinggal di kota Haarlem. Sekolahnya tidak mulus dan ia hanya sampai tingkat sekolah menengah. Walaupun ia tidak maju disekolah ia sangat trampil dan suka "ngoprek" Sejak kecil ia suka membuat mainan-mainan, terutama mainan-mainan yang bisa melayang. Bahkan ia sering naik ke atap rumah untuk melemparkan mainan-mainannya supaya melayang jauh.. Akan tetapi ayahya tidak setuju dengan semuanya itu . Orang tuanya menginginkan agar anaknya memiki ketrampilan dalam suatu vak. Untuk itu ia dikirimkan ke pabrik-pabrik besar yang ada di Jerman Tetapi Anthoni ini malah masuk ke sekolah perakitan kapal terbang.

Pada tahun 1910 ia merakit kapal terbang sendiri yang menyimpang dari model-model yang sudah ada saat itu. Bahannya dari kayu dan kain serta dilengkapi dengan satu motor lalu diberi nama Spin. Dengan pesawat inilah ia terbang untuk pertama kalinya dan dengan pesawat ini pula ia memperoleh brevet untuk pilot pesawat – bersayap satu ("een dekker") , yaitu pada 7 Juli 1911. Selanjutnya ia melakukan perbaikan-perbaikan, diantaranya mengubah rangka yang tadinya dari kayu diganti dengan` logam..

Pada permulaan perang dunia pertama, (Perang Dunia ke-1 yaitu tahun 1914-1918) ia mengusulkan kepada pemerintah Jerman (tempat ia dibesarkan sebagai ahli perancang kapal terbang) untuk membuat pesawat tempur. Tentu saja hal ini disambut baik oleh Pemerintah Jerman. Ia berhasil merancang pesawat tempur yang dilengkapi dengan senapang mesin yang memuntahkan pelurunya disinkron dengan perputaran baling-balingpesawat, sehingga peluru-peluru yang dimuntahkan itu bisa melalui celah-celah kosong pada perputaran baling-baling.

Selesai perang dunia pemikiran Fokker berubah ke merancang pesawat penumpang umum. Ia kemudian pindah ke negrinya sendiri yaitu negeri Belanda dan mulailah ia melaksanakan rencana barunya itu. Pesawat yang pertama ia buat adalah F-II yang bisa mengankut 4 orang. Setelah itu pabriknya berkembang dengan pesat dan pesawat-pesawat seri- F semangkin populer. Diantara seri -F yang menjadi sangat terkenal waktu itu ialah F-VII yang diterbangkan oleh Van der Hoop, sebagai penerbangan jarak jauh pertama, yaitu dari Negeri Belanda ke Hindia Belanda pada tahun 1924.

Ia kemudian mengembangkan usahanya itu di Amerika sampai meninggal pada 23 Desember 1939 dan dikubur disana. Beberapa tahun kemudian makamnya dipindahkan ke negeri asalnya yaitu negeri Belanda. Inilah sejarah singkat Anthony Fokker dengan kapal terbang seri Fokker-nya yang terkenal itu.

(Sumber: Dr. F. HOUK LAW; "BOUWMEESTERS DER BESCHAVING. )



Berselancar lebih cepat.
Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser.Dapatkan IE8 di sini! (Gratis)

Tidak ada komentar: