blog-indonesia.com

Minggu, 10 Juli 2011

Leonardo da Vinci


Leonardo Da Vinci

Kebanyakan orang mengenal Leonardo da Vinci dari lukisannya yang terkenal Mona lisa,  sehingga menganggap bahwa ia itu hanya  seorang pelukis. Tidak demikian halnya. Selain pelukis ia itu seorang ilmuwan dalam banyak bidang
Leonardo da Vinci {1452-1519) adalah  bangsa Italia, tinggal di kota Florensia, pusat kebudayaan jaman Renaisance, yaitu masa peralihan dari abad pertengahan ke abad moderen ( yaitu antara abad 14 dan abad 17)., Ia  lahir tanggal 15 April 1452, di luar kota Vinci, yaitu kota Florensia.. Ayah Leonardo bernama Ser Piero da Vinci, sedang mengenai ibunya tidak banyak yang diketahui. Leonardo da Vinci meninggalkan kesan yang besar dalam sejarah dunia..
Ia adalah seorang seniman, pelukis yang sangat baik . Kejeniusannya dipengaruhi banyak pelukis besar lainnya seperti Michelangelo, Raphael, dan Sandro Botticelli.. Diantara lukisannya yang sangat terkenal adalah Mona Lisa, Gioconda, dan PerjamuanTerakhir.
 Di bawah ini adalah lukisan Mona Lisa dan Perjamuan Terakhir..

Selain seorang seniman ia adalah seorang ilmuwan dalam bidang geometri, optik, astronomi, geologi, botani, zoologi, hidrolik, mekanik, dan anatomi. Teknik militer dan persenjataan sangat mempesonanya. Ia juga sangat tertarik pada bagaimana burung terbang dan pada kemungkinan manusia bisa terbang. Dia merancang beberapa mesin untuk penerbangan manusia tapi dia tidak pernah berhasil.

Leonardo membuat sketsa rencana untuk parasut.. Ia juga merancang untuk militer seperti tank, senapan mesin, dan jembatan yang dapat bergerak.
 Karyanya meliputi catatan-catatan dan sketsa-sketsa meriam, kanal, alat-alat perang, pesawat terbang, alat pintal, model perintis helikopter, anatomi manusia dll.
Leonardo yang sangat terpesona oleh gejala-gejala terbang, menyebabkan ia banyak mempelajari cara burung terbang yang menimbulkan pemikiran-pemikiran merancang beberapa mesin terbang, termasuk sejenis pesawat peluncur atau pesawat terbang layang dan yang sejenis helikopter
Sketsa helikopter di bawah ini adalah hasil rancangannya yang paling termashur diantara hasil rancangan-rancangan ciptaannya.. Rotornya berbentuk sekrup besar yang  bila diputar dengan cepat akan mengangkat pesawat itu. Ilham untuk itu diperolehnya dari sebuah permainan di Cina. Permainan itu bila diputar dengan tangan, berdasarkan mekanisme sekrup ringan, bisa melayang diudara.



Walau banyak ciptaan-ciptaanya yang sejenis yang gemilang, akan tetapi kemudian terbengkelai sebelum benar-benar selesai, karena waktu itu belum ada  bahan kerja yang enteng tetapi sangat kuat.seperti sekarang yang dapat menunjang untuk pembuatannya. Demikian pula peralatan-peralatan dan bahan-bahan untuk dapat melaksanakan pembuatannya belum ada yang memadai.

. . Leonardo banyak mempelajari kerangka manusia dan bagian-bagiannya, seperti otot dan urat daging. Ia pelajari fungsi-fungsi mekanik kerangka dan tenaga otot . Ia juga mempelajari dan menggambar anatomi binatang-binatang seperti sapi-sapi, burung-burung, kera-kera, beruang-beruang dan katak-katak dan membandingkanya dalam lukisannya itu struktur anatominya dengan manusia. Demikian pula ia banyak mempelajari kuda-kuda..








Pustaka: 1. Wikipedia.  2. Pustaka Widya: Alam Pesawat

1 komentar:

Sakrovsky mengatakan...

Menarik. Terima kasih infonya