Jumat, 18 Desember 2009

Rantai dan Rangkaian Makanan


3. Rantai Makanan

Binatang-binatang yang hidup di suatu daerah tertentu mempunyai kebiasaan makannya. Gambar di bawah ini menunujukkan suatu mata rantai makanan dan pemakannya. Pada umumnya mata-rantai itu dimulai dengan tanaman hijau oleh karena tumbuh-tumbuhan ini dapat memproduksi makanannya sendiri melalui fotosintesa (Lihat artikel "Fotosintesa ( tgl. 9-11-'09). Kemudian berturut-turut kumbang memakan tanaman, murai memakan kumbang dan burung elang memakan murai.


Di dalam tumbuh-tumbuhan itu tersedia semua energi yang dibutuhkan oleh binatang-binatang untuk kelangsungan hidupnya, sedang binatang-binatang tidak mampu mambuat kebutuhannya sendiri seperti tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu binatang-binatang seperti herbivora megambilnya dari tumbih-tumbuhan. Energi-energi yang telah binatang-binatang itu miliki kemudian diambil lagi olehbinatang-binatang lain yang memakan mereka, yaitu oleh hewan pemakan daging (karnivora).


4. Jaringan Makanan

Di setiap daerah terdapat banyak rantai makanan yang berkaitan satu sama lain. Rantai makanan itu berupa suatu jaringan yang rumit atau kompleks yang berupa suatu keseimbangan yang satu dengan yang lannya. Bila suatu jenis hewan mati maka seluruh jaringan makanan itu akan mengalami perubahan.

Di bawah ini adalah suatu gambaran jaringan makanan .



Keterangan gambar: Suatu jaringan makanan di hutan hujan tropik

Gambar-gambar anak panah menunjukkan aliran makanan di dalam beberapa rantai makanan.


(Disadur dari: THE USBORNE ILLUSTRATED ENCYCLOPEDIA



Selalu bisa chat di profil jaringan, blog, atau situs web pribadi!
Yahoo! memungkinkan Anda selalu bisa chat melalui Pingbox. Coba!

1 komentar:

sahateacing mengatakan...

Bagus, jelas.